Temu Usaha Agribisnis Penas XVI, Penyaluran KUR Provinsi Lampung Diatas Target Yang Ditetapkan Pemerintahan

   


SUARA POST -
Sumatera Barat, --- Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kusnardi didampingi Kadis Kehutanan Provinsi Lampung Yayan Ruchyansyah, Kadis Peternakan Provinsi Lampung Lili Mawarti mengikuti kegiatan Temu Usaha Agribisnis, di Universitas Negeri Padang Hotel and Convention Padang, Minggu (11/06/2023).

Forum Temu Usaha Agribisnis yang dilaksanakan pada Penas XVI di Provinsi Sumatera Barat merupakan suatu forum yang mempertemukan petani - nelayan dengan pihak pengusaha atau perusahaan yang bergerak dibidang agribisnis. Dari pertemuan tersebut diharapkan dapat memfasilitasi terjadinya kontak bisnis dan transaksi bisnis antara petani - nelayan dengan pengusaha atau perusahaan untuk memasarkan produk pertanian, kehutanan dan perikanan.

Ketua Temu Usaha Agribisnis Bambang Supartoko dalam laporannya menyebutkan peserta yang hadir pada forum Temu Usaha Agribisnis sebanyak 270 orang yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia dan menghadirkan sejumlah narasumber.

Kegiatan dibuka Direktur Pembiayaan Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Indah Megahwati mewakili Menteri Pertanian RI.

Indah menyampaikan bahwa Pemerintah terus berkomitmen untuk membantu pengembangan usaha yang dilakukan petani yang salah satu upayanya adalah dengan memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada petani.

"Bisa nanti mengakses KUR, bunga KUR hanya 3 persen, ini adalah sebuah upaya untuk membantu petani dengan cara murah, mudah dan fleksibel," ucapnya.


Indah berharap dengan adanya kerjasama akan membuka peluang - peluang para pelaku usaha tani, perikanan yang bermuara pada peningkatkan pendapatan petani.
.
"Penandatanganan MoU menjadi bukti komitmen bersama untuk membuka peluang kerjasama sehingga membantu para petani dan pelaku usaha," lanjutnya.
.
Sesuai data dari Direktorat Pembiayaan Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia per tanggal 9 Juni 2023 untuk provinsi Lampung dari target penyaluran KUR sebesar Rp. 4.950.000.000.000, telah terealisasi sebanyak Rp. 1.329.373.030.008 melalui berbagai lembaga Perbankan.
.
Ditemui disela - sela kegiatan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kusnardi mengatakan bahwa provinsi Lampung untuk penyaluran KUR kepada para petani sudah berada diatas target yang ditetapkan pemerintah sebesar 100 Milyar rupiah.
.
"Provinsi Lampung dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat untuk petani sudah melampaui target yang ditetapkan pemerintah sebesar 100 Milyar rupiah, sedangkan Lampung telah terealisasi 1 triliun lebih", ucapnya. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

0/Post a Comment/Comments

Ads1

Featured

Ads2