Wagub Chusnunia Hadiri Opening Ceremony Indonesia Maju Expo & Forum 2023 di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta

 


SUARA POST

JAKARTA ----- Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) menghadiri opening ceremony Indonesia Maju Expo & Forum 2023 Bangga, Cinta & Pakai Produk Indonesia di Parkir Selatan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Kamis (1/6/2023).

Bertajuk "Transformasi Ekonomi dan Nasionalisme Untuk Indonesia Berkelanjutan", kegiatan ini diselenggarakan mulai tanggal 1-4 Juni 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar dan Plt. Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Ferry Irawan.

Dalam kesempatan itu, Wagub Nunik menyampaikan apresiasi kegiatan tersebut dalam rangka mengkampanyekan gerakan bangga buatan Indonesia.

Ia menyebutkan Pemerintah Provinsi Lampung sangat serius dalam mendorong penggunaan produk dalam negeri kepada masyarakat dan instansi-instansi.

Menurutnya, penggunaan produk dalam negeri ini sekaligus mendukung majunya para pelaku perajin dan UMKM yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

"Melalui kegiatan ini, kita memberikan semangat kepada perajin dan UMKM serta mengkampanyekan penggunaan produk dalam negeri," ujar Wagub.

Sementara itu, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Ferry Irawan mengatakan UMKM sendiri menjadi salah satu kunci Indonesia tumbuh dan berkelanjutan maupun mentransformasi ekonomi.

"Bahkan kunci kita bisa survive seperti pada saat pandemi Covid-19 dan ekonomi kita pulih adalah UMKM," ujar Ferry.

Terhadap penggunaan produk dalam negeri, Ferry menjelaskan melalui pengoptimalan berbagai belanja baik APBN, APBD maupun dari masyarakat untuk benar-benar bisa memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi domestik.

"Dalam rangka transformasi digital, mari kita juga giat mendorong percepatan perluasan digitalisasi daerah. Disamping belanja buatan domestik, kita dorong teman-teman Pemda untuk bisa melakukan transaksi pembayarannya dengan digital," katanya.
Plt. Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya, Kemendagri Aang Witarsa Rofik mengatakan melalui kegiatan ini dalam rangka mempromosikan potensi dan produk-produk unggulan daerah.
.
"Bagaimana kita bisa mendukung para pelaku UMKM melalui gerakan nasional bangga buatan Indonesia. Kita juga mendukung pemulihan ekonomi nasional dengan memperkuat penggunaan produk dalam negeri," ujar Aang.
.
Indonesia Maju Expo & Forum 2023 ini juga dihadiri Kepala Daerah se- Indonesia, Duta Besar Negara Sahabat, BUMN, BUMD dan pelaku UMKM.
.
Adapun berbagai macam agenda kegiatan yaitu Pameran dan Talkshow, Fashion Culture, Festival Sambal Nusantara, Procurement Network, Business Matching dan Lomba Tari Daerah.
.
Pemerintah Kota Metro mewakili Provinsi Lampung turut andil ikut memeriahkan pameran Indonesia Maju Expo & Forum 2023.
.
Selain menampilkan berbagai macam kerajinan, dalam Festival Sambal Nusantara stand Kota Metro menampilkan sambal khas Lampung yaitu Sambal Delan Isem Kembang.
.
Sambal Delan Isem Kembang adalah sambal khas masyarakat Lampung yang memiliki rasa khas gurih dan aroma khas yang berasal dari delan/terasi Lampung dan isem kembang/putik buah asam kumbang.(Adpim)

 


0/Post a Comment/Comments

Ads1

Featured

Ads2