Rakor Inflasi Bersama Mendagri, Pemprov Lampung Terus Berkomitment Penendalian Inflasi Di Daerah


 SUARA POST _

Bandar Lampung - Pemerintah Provinsi Lampung diwakili oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, Elvira Umihanni didampingi sejumlah perwakilan Perangkat Daerah, mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah secara _virtual_ yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, di Ruang Command Center Lt. II Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, Senin (17/07/2023).


Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi terkait dengan terkendali nya inflasi di Indonesia yang tahun lalu 5,9% menjadi 3,5%.


Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, mengatakan bahwa target yang ingin dicapai yaitu tingkat inflasi di Indonesia berada pada angka 3%.


"Jadi, kita harus berjuang keras dari angka 3,5% di Nasional itu menjadi 3%, ini merupakan angka yang relatif stabil, dalam artian ini akan membuat para produsen bergembira karena return operational mereka tertutup dan ada keuntungan serta kemudian konsumen tidak terlalu berat dengan kenaikan-kenaikan," ucap Mendagri.


Direktur Statistik Harga BPS, Windhiarso Putranto, mengatakan bahwa angka inflasi bulan Juni 2023 secara bulan ke bulan sebesar 0,14%, inflasi tahun kalender (sejak Desember 2022 sampai Juni 2023) sebesar 1,24% dan secara tahun ke tahun sebesar 3,52%.


Komponen Harga Bergejolak mengalami inflasi sebesar 0,44% pada Juni 2022, dengan andil sebesar 0,07% terhadap inflasi umum. Komoditas yang dominan memberikan andil inflasi diantaranya adalah daging ayam ras, telur ayam ras dan bawang putih.


Komponen Harga Bergejolak pada 7 bulan terakhir mengalami inflasi secara terus menerus yang berawal sejak Desember 2022. Sepanjang tahun 2023 selalu terjadi inflasi, namun tekanannya masih relatif lebih rendah dibandingkan tahun 2022.

0/Post a Comment/Comments

Ads1

Featured

Ads2