Aksi Bersih Pantai di Pulau Pasaran,  Pemprov Lampung Komitmen Dukung Program Pelestarian Lingkungan Hidup.

 


  SUARA POST -

Bandar Lampung --- Pemerintah Provinsi Lampung diwakili oleh Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kelautan dan Perikanan dan Dinas Kehutanan mengikuti Aksi Bersih Pantai (Coastal Clean Up) di Pulau Pasaran Kota Karang-Teluk Betung,Selasa (1/8/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan hidup khususnya wilayah pesisir dan pantai agar kelestarian ekosistem terjaga dengan baik.

Pantai yang bersih tentunya akan berdampak pada peningkatan keindahan alam yang selanjutnya dapat meningkatkan potensi wisata di kawasan Pulau Pasaran sekaligus menjadi pelindung daratan dari abrasi pantai yang akan mengakibatkan banjir rob.

Aksi bersih pantai ini melibatkan Pemerintah Provinsi Lampung dan juga seluruh elemen masyarakat (nelayan, ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa, sukarelawan, pegiat media sosial dan aktivis lingkungan) yang ada di sekitar pulau maupun di wilayah kota Bandar Lampung.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung, Akhmad Tantowi,S.T,M.H menyampaikan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

"Kebersihan pantai terutama pesisir ini sangat penting untuk mempertahankan ekosistem alami lingkungan yang berdampak terhadap masa depan lingkungan hidup," ucapnya

"Sampah ini harus dikelola dengan baik tidak hanya tugas Pemerintah Daerah saja namun membutuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan pantai sehingga tidak membuang sampah sembarangan," lanjutnya.

"Pulau Jawa dan Bali memiliki pantai yang bersih karena tata kelola sampah yang baik didukung oleh kesadaran masyarakatnya sehingga menjadikan pantainya sebagai destinasi wisata," pungkasnya.

Coastal Clean Up ini diikuti oleh hampir 300 orang lebih dan berhasil mengumpulkan 1000 kantong sampah lebih yang dikumpulkan secara gotong royong dengan peralatan sederhana.

Salah seorang pegiat media sosial dan Konten Kreator Ikram Afro di sela-sela kegiatan menyampaikan apresiasi dan antusianya dengan aksi bersih pantai ini

Saya sangat _excited_ ternyata kami hanya bertiga tapi yang datang bergabung begitu banyak,kegiatan ini sangat penting untuk mengedukasi masyarakat pentingnya menjaga lingkungan," ucapnya

"Lebih jauh dari itu kegiatan ini untuk menghidupkan kembali nilai gotong royong yang mulai berkurang semenjak Covid-19," pungkasnya.

.

Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kelautan dan Perikanan serta Dinas Kehutanan mengirimkan beberapa perwakilan untuk ikut berpartisipasi dalam aksi bersih pantai ini dan menyerahkan bantuan untuk mendukung kegiatan tersebut yang diserahkan secara langsung oleh Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung yang diterima oleh perwakilan tokoh masyarakat setempat dan Selebgram Ikram Afro.

.

Pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen untuk mendukung setiap program yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup karena hal ini sejalan dengan 33 program kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung yaitu mengelola lingkungan hidup untuk kesejahteraan rakyat dan menjadikan Lampung sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

0/Post a Comment/Comments

Ads1

Featured

Ads2