Pemprov Lampung Apresiasi Inisiasi Pembangunan Irigasi Oleh Rotary Club Guna Memberi Manfaat Bagi Masyarakat Pedesaan dan Keluarga Tani.


 SUARA POST 

Bandar Lampung --- Sekdaprov Lampung, Fahrizal  Darminto, menghadiri acara Peresmian dan Pelatihan Proyek Irigasi untuk Peningkatan Ekonomi Pedesaan di Lampung yang diinisasiasi oleh Rotary Club Lampung, bertempat di Angel's Wing Cafe & Resto, Minggu (13/8/2023).


Rotary Club merupakan Organisasi Internasional, sebuah Lembaga Non Government Organization (NGO) yang berpusat diluar negeri, serta memiliki jaringan yang sangat luas di Indonesia.


Rotary Club Lampung Raden Intan yang juga didukung oleh Rotary District Hong Kong dan Filipina, menginisiasi dan membangun irigasi sepanjang total 4,11 km di Kecamatan Seputih Raman, Lampung Tengah (Desa Rama Dewa, Rama Nirwana, Rama Gunawan, Rukti Harjo) dan Kecamatan Gedong Tataan, Pesawaran (Desa Gedong Tataan dan Bogorejo).


Saluran irigasi ini bermanfaat untuk mengairi 634 hektar sawah dan menyejahterakan lebih dari 687 keluarga petani di daerah tersebut.


Sekdaprov Fahrizal Darminto menyebutkan, pembangunan irigasi yang diinisiasi oleh Rotary Club ini sejalan dengan prioritas pembangunan Provinsi Lampung, khususnya di bidang pertanian.


Provinsi Lampung merupakan Provinsi ketiga diluar Pulau Jawa yang memiliki jumlah penduduk terbanyak, dimana menurut data statistik, 70% masyarakat Lampung tinggal di daerah pedesaan dan menggantungkan hidup pada sektor pertanian dan perkebunan.


Oleh karenanya menurut Sekdaprov, Pembangunan irigasi ini memberikan manfaat bagi masyarakat pedesaan dan keluarga tani. Selain itu, saluran irigasi ini juga akan bermanfaat dalam menghadapi dampak iklim el nino.


Sekdaprov kemudian mengungkapkan bahwa produksi padi Provinsi Lampung Tahun 2022 berdasarkan data SIScrop mencapai 3,2 juta ton dari target 2,8 juta ton. Dengan capaian produksi padi tersebut, Lampung mengalami surplus padi yang kemudian digunakan untuk menopang kebutuhan pangan Provinsi di sekitar Lampung seperti DKI Jakarta, Bangka Belitung, Bengkulu, dan lainnya.


Rotary Club sangat tepat memberikan dukungannya untuk pembangunan pertanian. Rotary Club mendukung pertanian Lampung untuk membantu masyarakat Lampung serta berkontribusi pada ketahanan pangan nasional," kata Sekdaprov.

.

Sekdaprov menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih pada Rotary Club atas berbagai dukungannya pada masyarakat Lampung dan berharap kontribusi Rotary Club bagi Lampung semakin meningkat di masa mendatang.

.

Sementara itu, Past District Governor (PDG) Rotary Club, Eva Kurniaty, dalam kesempatannya menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam mewujudkan proyek pembangunan irigasi ini.

.

Eva Kurniaty berharap, pembangunan irigasi ini memiliki dampak yang besar dan berkelanjutan bagi perekonomian petani serta memberi manfaat bagi Provinsi Lampung.

.

"Rotary Club Raden Intan adalah people of action, you create hope for all the needs. Saya yakin, kita bersama-sama akan berjuang untuk Lampung," kata Eva Kurniaty. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

0/Post a Comment/Comments

Ads1

Featured

Ads2