Hadiri Pertemuan Ilmiah Tahunan Dokter Spesialis Patologi Anatomik Indonesia, Gubernur Arinal Djunaidi Dorong  Peningkatkan Pelayanan Kesehatan di Provinsi Lampung.


 SUARA POST

Bandar Lampung --- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, menghadiri acara Pertemuan Ilmiah Tahunan Dokter Spesialis Patologi Anatomik Indonesia (Indonesia Association of Pathologists) Cabang Lampung, bertempat di Hotel Swiss-Bell, Jumat (13/10/2023).


Gubernur mengungkapkan rasa  bangganya karena berkesempatan bisa berkumpul dengan para peserta yang memiliki semangat dan tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat Lampung.


Pembangunan kesehatan masyarakat memerlukan upaya kesehatan, sumber daya kesehatan dan pengelolaan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.


Berdasarkan prinsip kesejahteraan, pemerataan, non diskriminatif, partisipatif dan berkelanjutan yang berguna untuk pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan produktif. Guna mengurangi kesenjangan perlu memperkuat pelayanan kesehatan yang bermutu dan meningkatkan ketahanan kesehatan serta memajukan kesejahteraan seluruh warga negara dan daya saing bangsa bagi terwujudnya pembangunan nasional.


Permasalahan dan gangguan kesehatan pada masyarakat akan menurunkan produktifitas dan menimbulkan kerugian bagi negara, sehingga diperlukan transformasi kesehatan untuk tercapainya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.


Gubernur mengatakan pembangunan kesehatan semakin baik dan terbuka sehingga menciptakan kemandirian dan mendorong perkembangan industri kesehatan nasional pada tingkat regional dan global, serta mendorong peningkatan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu dan terjangkau bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.


"Untuk meningkatkan kapasitas dan ketahanan kesehatan diperlukan penyesuaian berbagai kebijakan untuk penguatan sistem kesehatan secara integratif dan holistik," ujar Gubernur.


Pada Renstra Tahun 2019-2024 visi Pemerintah Provinsi Lampung adalah Rakyat Lampung Berjaya, yaitu untuk mewujudkan masyarat Lampung yang aman, berbudaya, maju dan berdaya saing serta kehidupan yang sejahtera.


Dalam RPJMD, sektor kesehatan bertanggung jawab dalam mendukung tercapainya misi ke-3, yaitu meningkatkan kualitas SDM dan mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan dan kaum disabilitas dengan tujuan meningkatnya derajat kesehatan masyarakat menjadi Lampung Sehat.

.

Diakhir sambutannya Gubernur berharap dengan adanya Pertemuan Ilmiah Tahunan Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Anatomi Tahun 2023 ini, dapat menjadi wadah untuk menjaring aspirasi dan masukan dari seluruh dokter spesialis patologi anatomi se-Indonesia, sehingga dapat ikut serta dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Provinsi Lampung terutama pelayanan patologi anatomi.

.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Anatomik Indonesia Sjahjenny Mustokoweni dalam sambutannya mengatakan bahwa peserta yang hadir dalam pertemuan Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Anatomik Indonesia (PDS PA) Annual Scientific Meeting 2023 berjumlah 620 orang dimana kuota sebelumnya 400 orang.

.

Sjahjenny Mustokoweni menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Lampung, yang telah mendukung penuh acara pertemuan tahunan, panitia lokal yang sudah membantu terselenggaranya acara, seluruh peserta yang hadir karena berperan serta mensukseskan acara, target 400 peserta menjadi 600.

.

"Semoga pertemuan ilmiah tahunan bisa sukses, penuh keberkahan. Selamat mengikuti rapat agenda tahunan, jangan lupa jalan-jalan ke alam yang cantik dan membeli oleh-oleh khas lampung dan sulit ditemukan di wilayah lain," ujar nya.

.

Sementara itu Ketua Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Lampung

dr. Josi Harnos mengatakan bahwa peserta yang hadir pada pertemuan ini berasal dari seluruh Indonesia, para peserta agenda tahunan baru bertemu kembali setelah tiga tahun tidak mengadakan agenda dikarenakan pandemi Covid-19.

.

Pada momentum ini diharapkan para peserta bisa berkomunikasi kembali dan mempererat hubungan silaturahmi. (Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung)

0/Post a Comment/Comments

Ads1

Featured

Ads2