Pemprov Lampung Wujudkan Komitmen Perempuan Berjaya dan Lampung Ramah Perempuan dengan Pengarusutamaan Gender.


 SUARA POST

Bandar Lampung–  Gubernur Lampung yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung, Fitrianita Damhuri, membuka Kegiatan Verifikasi Lapangan Evaluasi Pengarusutamaan Gender Tahun 2023, bertempat di Gedung Pusiban Kantor Gubernur Lampung, Rabu (22/11/2023).


Pengarusutamaan Gender (PUG)  adalah salah satu strategi pembangunan yang diimplementasikan untuk mencapai persamaan dan keadilan melalui integrasi pengalaman/peristiwa, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan wanita dan laki-laki dalam perencanaan, implementasi, monitoring dan evaluasi seluruh kebijakan, program, proyek dan kegiatan-kegiatan dalam sektor pembangunan yang beragam dengan tujuan untuk memastikan bahwa perempuan dan laki-laki memiliki kesamaan akses dalam pembangunan.


Gubernur Lampung dalam sambutan tertulis yang disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung, mengatakan bahwa, PUG merupakan sebuah komitmen dimana keadilan dan kesetaraan serta kesempatan yang sama antara laki-laki dan perempuan dalam segala aspek kehidupan.


“Komitmen ini dituliskan secara khusus kedalam misi ke-3 dari visi dan misi  Lampung Berjaya dan diimplementasikan dalam dua agenda kerja utama, yaitu Perempuan Berjaya dan Lampung Ramah Perempuan” ucapnya.


Lebih lanjut, Fitrianita Damhuri mengatakan telah dilakukan verifikasi lapangan oleh Tim Pusat di empat Kabupaten, yaitu Lampung Timur, Kota Metro, Tulang Bawang Barat dan Tulang Bawang. Hal ini dapat menjadi cerminan bagaimana Pemerintah Provinsi  Lampung  melakukan program PUG dan menjadi salah satu nilai tambah dalam penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kedepannya nanti.


Melalui kesempatan ini Pemerintah Provinsi Lampung berharap untuk semua OPD dan lembaga masyarakat terus bersinergi menggerakkan dan mempererat jaringan kerja sama yang sudah dilaksanakan selama ini untuk mewujudkan pembangunan Lampung Berjaya dan dapat kembali meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Kegiatan dihadiri Sekretaris Deputi Bidang Kesetaraan Gender KTPA RI, Siti Mardian, Anggota DPRD Provinsi Lampung dan Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Provinsi Lampung, Hajah Aprilianti, Kepala Bappeda Provinsi Lampung diwakili oleh Kepala Bidang Perencanaan dan Pembangunan Eka Yuslita Dewi, Perwakilan OPD dan Lembaga Masyarakat terkait. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

0/Post a Comment/Comments

Ads1

Featured

Ads2