Gubernur Arinal Resmikan GSG KH. Ahmad Hanafiah UIN Raden Intan Lampung, Untuk Mengingat Perjuangan Pahlawan Nasional Lampung.


 SUARA POST

BANDAR LAMPUNG --- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meresmikan Gedung Serba Guna (GSG) K.H. Ahmad Hanafiah, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, di Ballroom UIN Raden Intan Lampung, Kamis (28/12/2023).


Kegiatan dibuka dengan pertunjukan teaterikal sejarah peradaban islam di Provinsi Lampung yang menceritakan perjuangan K.H. Ahmad Hanafiah, dalam melakukan siar islam dan perlawanan terhadap penjajahan belanda. Pertunjukan tersebut diperankan oleh mahasiswa program studi sejarah Peradaban islam UIN Raden Intan Lampung.


"Saya sangat mengapresiasi dan berbangga hati dengan di SK-kannya Pahlawan Nasional KH. Ahmad Hanafiah menjadi pahlawan nasional pada 10 Oktober 2023 oleh Bapak Presiden Jokowi. Alhamdulillah, hal ini merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung dan jajaran Pemerintahan Provinsi Lampung," ungkap Gubernur mengawali sambutannya.


Menurut Gubernur, acara peresmian Gedung Serba Guna KH. Ahmad Hanafiah adalah bagian dari komitmen UIN Raden Intan Lampung atas anugerah gelar Pahlawan Nasional yang begitu membanggakan warga Lampung.


"Saya sangat mengetahui persis perjuangan panjang rekan-rekan tim UIN Raden Intan Lampung yang mempola Naskah Akademik, menyiapkan berkas-berkas, dokumen-dokumen penting, serta kemudian dikuatkan dengan diplomasi lobi yang elegan oleh bapak Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof.H. Wan Jamaluddin, M.Ag., Ph.D dengan Kementerian Sosial dan Pemerintahan Pusat, sehingga menjadi modal utama ditetapkannya KH. Ahmad Hanafiah menjadi Pahlawan Nasional," ungkap Gubernur


Gubernur sangat berharap seluruh warga Lampung bisa merasa bangga terhadap KH. Ahmad Hanafiah yang menjadi tokoh pejuang Lampung yang menjadi pahlawan Nasional, serta dapat mencontoh nilai-nilai heroik kepahlawanannya, sehingga bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.


"Karena dengan belajar sejarah dari para tokoh pejuang ibarat menyelami kembali makna kemerdekaan yang didapat dengan begitu banyak 



Sementara itu, Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. H. Wan Jamaluddin Z, mengungkapkan bahwa pengajuan K.H. Ahmad Hanafiah, sebagai Pahlawan Nasional telah dilakukan oleh UIN Raden Intan Lampung sejak lama, atas kerja keras dan kegigihan Tim UIN serta kerjasama berbagai pihak, termasuk dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dan Pemerintah Provinsi Lampung, maka proses gelar ajuan pahlawan nasional dapat dilalui dengan lancar.

.

Menurut Rektor UIN RIL, peresmian GSG ini dengan menyematkan nama Pahlawan Nasional adalah dalam rangka mensyukuri dan mengapresiasi kepada pemerintah Indonesia, yang telah mengabulkan permohonan Pahlawan Nasional untuk masyarakat Lampung yaitu K.H Ahmad Hanafiah.

.

"ini merupakan penantian yang sangat panjang sekali, 36 tahun kita tidak pernah ada penambahan pahlawan nasional dari Lampung, Alhamdulillah di tahun 2023 ini Presiden mengabulkan itu semua," ungkapnya.

.

Dipilihnya GSG UIN Raden Intan Lampung untuk disematkan nama pahlawan nasional, menurut Rektor telah melalui beberapa pertimbangan, diantaranya yakni agar nilai-nilai kepahlawanan, keulamaan, intelektualisne, dan juga nilai-nilai birokrat yang ada pada sosok K.H. Ahmad Hanafiah bisa terdesiminasikan secara masif, secara luas, tidak hanya kepada warga kampus UIN Raden Intan Lampung tetapi juga seluruh masyarakat Lampung.

.

"Salah satu gedung yang paling strategis dan banyak digunakan oleh masyarakat Lampung adalah GSG ini, kita ingin sekali bagaimana dalam setiap penggunaan gedung ini oleh masyarakat Lampung, masyarakat akan teringat dengan nama tokoh pahlawan nasional kita, sekaligus mendoakan beliau," pungkasnya. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

0/Post a Comment/Comments

Ads1

Featured

Ads2