Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Buka Malam Apresiasi KPU Provinsi Lampung Tahun 2023.

 

SUARA POST

Bandar Lampung --- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka secara resmi Malam Apresiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung Tahun 2023 di Ballroom Hotel Novotel, Rabu (27/12/2023) malam.


Malam Apresiasi KPU Provinsi Lampung digelar sebagai bentuk apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung proses tahapan pelaksanaan Pemilu Damai di Provinsi Lampung yang saat ini menuju 48 hari pemungutan dan penghitungan suara.


Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan bahwa Esensi pemilu adalah pembelajaran bagi masyarakat dalam rangka pendewasaan bangsa dan ujian bagi seluruh elemen bangsa sekaligus sebagai alat ukur untuk mengetahui sejauh mana nilai-nilai demokrasi telah tertanam sebagai jati diri bangsa yang menganut sistem demokrasi.


"Nilai demokrasi yang dimaksud adalah bagaimana menyelesaikan konflik dengan damai dan sesedikit mungkin unsur paksaan dalam memilih pemimpin," ungkap Gubernur Lampung.


"Saya percaya bahwa semua yang hadir disini sepakat berpendapat bahwa menjaga pemilu damai merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama," lanjutnya.


Menurut Gubernur, Pemerintah Provinsi Lampung dan seluruh stakeholder terkait terus berkomitmen untuk menjaga kondusifitas dan stabilitas keamanan dalam pelaksanaan pemilu serentak 2024


"Kita harus berkomitmen menjaga kondusifitas dan kemanan selama menjalankan tahapan-tahapan Pemilu 2024," ungkap Gubernur Arinal Djunaidi.


Lebih lanjut Gubernur Lampung mengatakan bahwa tugas dan tanggung jawab KPU dan Bawaslu bukanlah tugas yang mudah dalam menjaga kondusifitas pelaksanaan Pemilu 2024. Kedua Lembaga ini harus memiliki ketegasan dalam menjalankan setiap peraturan dan ketentuan dalam Pemilu 2024.


Gubernur juga mengimbau kepada seluruh Pimpinan partai politik di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung untuk tetap mengedepankan prinsip kepentingan nasional dan senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan Negara kesatuan Republik Indonesia diatas kepentingan golongan dan partainya.


"Sebaliknya kepada seluruh pimpinan partai harus menjaga demokrasi agar tetap berjalan dengan damai," tegas Arinal Djuanidi.

Gubernur Arinal Djunaidi berharap agar acara pemberian penghargaan pada malam hari ini bukan hanya sebatas seremonial saja namun mampu memberikan kontribusi dan komitmen dalam memberikan karya nyata bagi bangsa dalam bentuk terciptanya Pemilu 2024 yang Damai.

.

"Provinsi Lampung adalah Provinsi yang mandiri maka dalam pelaksanaaan pemilu harus mandiri, kita hsrus sukases dalam pemilukada serentak 2024 dan kita harus mampu menjadi Provinsi terbaik dalam menjalankan demokrasi, insya allah kita sukses," pungkas Gubernur Lampung.

.

Sementara itu Ketua KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami, S.H, M.H mengatakan bahwa sepanjang tahun 2023 dalam tahapan persiapan pelaksanaan pemilu serentak 2024, banyak pihak yang telah memberikan kontribusi dalam menjaga agar setiap tahapan berlangsung dengan lancar dan aman.

.

"KPU mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung sehingga terselenggaranya kegiatan malam apresiasi," ucap Erwan Bustami.

.

Erwan Bustami menyampaikan bahwa Provinsi Lampung adalah Provinsi yang sangat startegis dalam pelaksanaan Pemilu 2024 dengan Jumlah pemilih kedua terbesar di Sumatera dan urutan kedelapan besar di tingkat nasional sebanyak 6.532 128 pemilih tersebar di 25.825 Tempat pemungutan Suara (TPS). Hal ini tentunya menumbuhkan komitmen besar bagi KPU Lampung untuk menerapkan pemilu yang langsung umum, jujur, adil, bebas dan rahasia.

.

Pada kesemoatan tersebut Ketua KPU Erwan Bustami juga menyerahkan secara langsung Piagam penghargaan kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sebagai Pimpinan Daerah yang telah berkontribusi dalam menjaga keberlangsungan tahapan Pemilu 2024 dengan kondusif.

.

Penghargaan juga diberikan kepada seluruh jajaran Forkopimda Provinsi Lampung, Instansi dan Lembaga Pemerintah Provinsi Lampung antara lain : Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Lampung yang diterima secara langsung oleh Kepala Dinas Ahmad Saefulloh, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Lampung, serta RSUD Abdul Moeloek.

.

Selain itu KPU Provinsi Lampung juga memberikan apresiasi kepada seluruh lembaga media baik online maupun cetak


lembaga penyiaran dan sekaligus apresiasi bagi Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dengan kategori Tempat terbersih dan nyaman, Kategori Laporan keuangan terbaik dan lomba senam jingle Pemilu Terbaik. (Dinas Kominfo dan Statistik provinsi Lampung)

0/Post a Comment/Comments

Ads1

Featured

Ads2