Sekdaprov Fahrizal Darminto Buka Rakor Teknis Pengendalian Program dan Luncurkan Pengembangan Aplikasi Sistem Data Pengendalian dan Informasi Tahun Anggaran 2023.


 SUARA POST

BANDAR LAMPUNG --- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto membuka Rapat Koordinasi Teknis Pengendalian Program/Kegiatan Pembangunan Daerah dengan Sumber Pendanaan (APBN/ APBD) serta Launching Pengembangan Aplikasi Si-Tapis (Sistem Data Pengendalian dan Informasi) Tahun Anggaran 2023, di Ballroom Hotel Horison, Bandar Lampung, Kamis (21/12/2023).


Sekda menerangkan bahwa tujuan dari rakor ini adalah untuk persiapan Tahun 2024 dan mengevaluasi capaian-capaian di tahun 2023. Sekda juga menegaskan kembali arahan Presiden agar anggaran yang tersedia segera direalisasikan.


"Sampai dengan November, capaian realisasi belanja kita mencapai 82,2% di Provinsi dan Kabupaten/kota mencapai 75,6%. Semoga di Desember ini progresnya semakin lebih baik," ujar Sekdaprov Fahrizal.


Pada rakor tersebut, Sekda juga meminta agar seluruh kegiatan dan anggaran dapat digunakan tepat sasaran dan sesuai dengan tujuannya. Melalui perencanaan yang matang, diharapkan anggaran yang tersedia dapat dimanfaatkan maksimal untuk mencapai tujuan.


"Itu semua dalam rangka untuk mendukung visi kita bersama yaitu Rakyat Lampung Berjaya. Oleh karenanya sasarannya harus tepat dan pastikan manfaatnya benar, serta pastikan tepat waktu. Kalau sudah kita pastikan itu semua, maka kita juga harus pastikan tepat administrasi dan tepat dasar hukumnya. Ini harus kita lihat secara utuh, supaya pembangunannya berhasil," ucap Sekda.


Sementara itu Kepala Biro Adminitrasi Pembangunan Setda Provinsi Lampung Haris Kadarusman, dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka untuk mendorong realisasi belanja pemerintah, baik yang melalui sumber pendanaan APBN maupun sumber pendanaan APBD, baik Pemerintah Provinsi Lampung maupun Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.


Adapun tujuan Rapat Koordinasi Teknis menurut Karo Adbang adalah sebagai Pengendalian Program/Kegiatan Pembangunan Daerah se-Provinsi Lampung serta launching pengembangan Aplikasi Si-Tapis.

Kemudian untuk memaksimalkan penyerapan anggaran baik APBD maupun APBN sesuai dengan Rencana Pencairan Dana, dan pengelolaan anggaran dalam meningkatkan kinerja anggaran melalui Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

.

"Rapat Koordinasi Teknis ini diikuti oleh seluruh Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung yang mengelola DIPA Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan (TP) APBN dan Perangkat Daerah Pengelola APBD serta Bagian Administrasi Pembangunan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung," ungkapnya. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

0/Post a Comment/Comments

Ads1

Featured

Ads2